Sabtu, 17 September 2011

pembelajaran di era digitalisasi

Assalamualaikum....

kali ini windows-education6 akan memposting sebuah metode pembelajaran yang efektif di era digital seperti ini...

Di era digitalisasi seperti ini, menurut saya lebih mudah unutk memberikan sebuah pembelajaran kepada para siswa.
tahu sendiri, sakarang ini berbagai fasilitas sudah ada di berbagai sekolah - sekolah.
jika melihat dari fasilitasnya saja kita sudah membayangkan, mungkin mudah memberikan suatu pembelajaran kepada para siswa.
yang harus di lakukan oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada siswanya adalah dengan belajar tidak terlalu monoton dan serius.
kita mungkin tahu, anak - anak jaman sekarang ini sangat berbeda dengan anak - anak jaman dahulu, anak jaman sekarang cenderung tidak mau di atur, inginnya serba instan dan dalam belajar pun inginnya santai dan tidak terlalu serius.
maka dari itu saya sarankan kepada guru - guru untuk mengajar tidak terlalu serius. kita berikan suatu kegiatan pembelajaran yang simple dan membuat para siswa tidak bosan.
mungkin para siswa akan bosan jika guru terus menerus menerangkan di depan kelas, maka dari itu, kta berikan suatu kegiatan pembelajaran yang simple, contohnya dengan belajar tanya jawab sambil bermain, dengan belajar sambil bermain, siswa pasti akan kembali bersemangat untuk belajar. belajar dengan infokus, ini adalah contoh barang yang ada si era digitalisasi, dengan kita memberikan suatu pembelajaran dengan infokus, mungkin secara tidak sadar siswa akan membaca suatu pembelajaran dengan cara melihat, secara otomatis, kita tidak perlu mengatur siswa untuk membaca, tinggal kita berikan suatu penjelasan saja tentang materi yang kita berikan. saya sarankan jika kita memakai kegiatan pembelajaran dengan memakai infokus, kita buat suatu pola pembelajarannya dengan unik, misalnya dengan menambahkan animasi - animasi bergerak dan lainnya agar siswa tidak terlalu jenuh milihatnya.
itu adalah contoh kecil dengan memanfaatkan infokus, mungkin masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru - guru dalam melakukan pembelajaran di era digitalisasi seperti sekarang ini, tnggal bagaimana seorang guru itu memberikannya. Guru mungkin lebih pintar dari pada siswanya, maka dari itu untuk para guru, jangan sampe kreativitas berfikirnya kalah dengan siswanya.

mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf, terimakasih..
wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar